OSIS SMA Don Bosco Padang

"Determined, Committed, Focused, Make It Happen"

Dirgahayu Indonesia ke-67

Sumber: Karya Pribadi dari Admin

67 tahun yg lalu tgl 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Segala usaha yg dijalankan sejak jaman penjajahan Belanda sampai Jepang telah terbayar dgn kemerdekaan Indonesia. “Merdeka!” sorak para pejuang.

Usaha kemerdekaan ini dimulai sejak tahun 1908 dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo (20 Mei 1908) yg kemudian dikenal sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Sejak itulah, semangat persatuan dan kesatuan muncul dan terus berkembang dgn puncaknya yaitu Sumpah Pemuda pada tgl 28 Oktober 1928.

Pada jaman penjajahan Jepang, usaha ini dilanjutkan dgn perlawanan terhadap Jepang, baik dgn kekerasan maupun diplomasi. Terbentuknya BPUPKI (Dokuritsu Junbi Cosakai) membuat langkah Indonesia menuju kemerdekaan semakin pasti. Selangkah demi selangkah yg semakin sulit dilalui bersama oleh Rakyat Indonesia.

Setelah terbentuk Rancangan UUD dan Dasar Negara Pancasila, BPUPKI dibubarkan dan dibentuklah PPKI (Dokuritsu Junbi Inkai). Peristiwa menyerahnya Jepang pada Sekutu turut mendukung usaha kemerdekaan Indonesia. Hal ini menyebabkan terjadinya peristiwa Rengasdengklok.

Lalu pada tgl 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Merdekalah Indonesia! Inilah titik puncak perjuangan kemerdekaan Indonesia!

Namun perjuangan belum berakhir. Titik puncak bukanlah akhir dari segalanya. Rakyat Indonesia masih harus berjuang mempertahankan kemerdekaannya selama 4 tahun hingga 1949 dengan peristiwa besar, seperti Agresi Militer I & II.

Perjuangan ini tidak berakhir sampai di situ saja. Setelah Indonesia diakui sebagai negera merdeka, Rakyat Indonesia masih harus membangun negara ini. Dengan semangat Persatuan dan Kesatuan, mereka membangun negeri ini.

Kini, Bumi Pertiwi telah rindu akan semangat ini. Banyak rakyat yg mulai membeda-bedakan antara sesamanya. Isu SARA semakin berkembang dan seperti tiada akhirnya. Merusak apa yg telah dibangun bersama oleh para pahlawan.

Saat ini, Indonesia telah berumur 67 tahun. Mari kita hayati kembali segala usaha yg berat yg telah dilakukan oleh para pahlawan. Mari kita hidupkan kembali semangat para pahlawan dgn bertekad membangun Indonesia yg lbh baik. Bukan sebagai suku, ras, agama, atau yg lainnya. Tapi sebagai “BANGSA INDONESIA” yg bersatu. Merdeka!

Buatlah komentar yg berkualitas baik. Terima kasih :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: